Tuesday, August 12, 2014

Robot pertama yang bisa berubah seperti Transformer

Robot pertama yang bisa berubah seperti transformer



Mendengar kata transformer, tentu kata tersebut tidak lah asing lagi di telinga kita. Film yang pasti sangat keren jika memang benar ada. Bayangkan saja anda punya sebuah mobil yang bisa bicara dan bisa berubah bentuk menjadi robot yang lengkap dengan persenjataannya. Hohoho... pasti sangat keren kan? Tapi apakah mungkin teknologi seperti di film transformer ini nyata? Hm... jaman sekarang apa sih yang ga bisa? Anda yang suka film anime tentu tahu anime yang berjudul gundam. Nah, di anime ini semua sudah canggih. Semua menggunakan touch screen bahkan ada yang virtual screen. Jadi ga ada layarnya, layarnya ya dari cahaya yang dikeluarkan melalui sebuah alat gitu. Padahal itu waktu saya masih sd. Dan sekarang nyatanya juga ada. Tidak menutup kemungkinan di masa depan nanti teknologi transformer ini akan menjadi kenyataan.
Robot pertama yang bisa berubah seperti transformer

Nah, kali ini ada robot kecil yang mampu menampilkan kemampuan berubah diri seperti di film transformer dengan konsep lipatan yang terinspirasi dari ORIGAMI (seni melipat kertas Jepang) dan proses biologi. Robot origami ini tidak lain adalah hasil ciptaan periset dari MIT dan Harvard yang mampu merubah bentuk dari robot yang “datar” seperti kertas menjadi bentuk aslinya dengan empat kaki yang bisa berjalan. Awal yang bagus tentunya, beberapa tahun kedepan mungkin sudah bisa berubah menjadi mobil, truk, radio, hewan atau objek lain seperti halnya di film transformer. Desain robot ini juga terpinspirasi dari proses biologi seperti bagaimana amino acid membentuk protein dari struktur datar menjadi coil tiga dimensi.
Bayangkan saja jika teknologi ini terus dikembangkan dan pada beberapa tahun kedepan, teknologi seperti transformer akan benar-benar ada. Tanpa adanya decepticon tentunya, bisa hancur negara ini kalau ada mereka. Bayangkan saja segi positifnya, saat anda memiliki sebuah mobil dan setelah memakainya beberapa kali anda mulai bosan dan ingin mengganti modelnya. Dengan adanya teknologi ini tentunya anda tidak usah repot-repot pergi ke bengkel untuk memodif atau mengecat mobil anda agar tampilannya berubah karena mobil ini akan  merubah tampilannya sesuai yang anda inginkan luar dan dalam. Seperti halnya yang terjadi pada film transformer yang pertama saat bumblebee merubah tampilannya dari sebuah mobil bekas tua berwarna kuning menjadi sebuah mobil sport berwarna kuning yang keren. Bisa bangkrut itu para pengusaha otomotif kalau tidak cari inovasi lain.
Robot ini mulai berubah bentuk saat panas diaplikasikan pada “ Shrinky dinks” (nama material yang digunakan) sebagai bagian dari materi kertas komposit yang digunakan pada tubuh robot ini. Memang tampilan robot ini sangat sederhana dan kurang menarik karena memang robot yang satu ini menggunakan bahan yang sangat murah. Pencipta robot ini hanya ingin menghasilkan prototipe pertama untuk konsep transformasi robot yang mereka pikirkan dalam waktu yang singkat. Tidaklah salah kan? Membuat robot kan ngga gampang juga? Untuk kedepannya pasti akan dikembangkan lagi ke arah yang lebih baik.
Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada video di bawah ini

 

No comments:

Post a Comment

Author Info (Documentation)

Comments System

Disqus Shortname