Tuesday, August 19, 2014

Android yang terblokir karena salah pola

Android yang terblokir karena salah pola

Bagi anda pengguna android tentu tahu apa yang dimaksud dengan pola di sini. Ya, pola yang di maksud di sini adalah pola atau bisa juga disebut sandi gambar(pola) yang digunakan untuk mengamankan ponsel anda dari tangan-tangan jahil. Pola ini akan muncul pada tampilan pertama saat anda menyalakan smartphone android (jika anda mengaturnya demikian, masih banyak pilihan lain untuk mengamankan ponsel android yang bisa diatur sendiri pada pengaturan). Tentunya jika pola ini muncul pada tampilan pertama saat kita menyalakan ponsel kita dan kita lupa polanya atau mungkin seseorang mencoba memasukkan pola dan sudah salah lebih dari 15 kali maka ponsel ini akan otomatis terblokir.

Dengan terblokirnya ponsel ini pada tampilan pertama, tentu kita tidak akan bisa mengatur ulang sandi kita melalui pengaturan karena terblokir. Di bawah ini adalah tampilan pada smartphone android yang terblokir karena salah pola:


Ada 2 cara untuk mengatasi android yang terblokir karena salah pola. Bisa dengan cara online dan juga bisa dengan cara offline. Berikut adalah cara mengatasi android yang terblokir karena salah pola:

Cara mengatasi android yang terblokir karena salah pola dengan menggunakan email atau akun google anda (jika punya):

1. Masukkan email dan kata sandi anda (tampilannya sama dengan yang diatas). Dalam hal ini data seluler atau lalu lintas data pada android harus dalam keadaan aktif atau online.
2. Setelah itu anda akan mendapatkan kode pemulihan melalui email atau akun google yang anda masukkan tadi.
3. Dan Android akan kembali normal

Cara mengatasi android yang terblokir karena salah pola dengan masuk ke recovery mode  (cara berikut ini adalah cara mengatasi android yang terblokir karena salah pola dengan mode offline atau tidak dalam keadaan online):

 

     1. Matikan ponsel anda pada saat anda masuk dengan tampilan “masukkan email dan password”.
     2. Nyalakan kembali ponsel anda sambil menekan kombinasi tombol power+home+volume atas atau volume bawah secara bersamaan. Kombinasi tombol diatas adalah kombinasi pada ponsel secara umum. Setiap hp punya kombinasi tersendiri. Umumnya jika merk hp nya sama, maka kombinasi tombolnya juga sama. Jika tetap tidak bisa masuk ke recovery mode berarti kombinasi tombol untuk masuk ke recovery mode salah. Anda bisa mencobanya satu mengombinasikan tombol diatas secara bergantian jika mau. Tentu merepotkan juga kan? Tapi maaf dalam artikel ini tidak ada cara yang detail untuk masuk ke recovery mode, karena blog ini hanya menulis artikel yang benar adanya dan telah terbukti 100% work. Untuk lebih jelasnya kemarin saya sudah browsing dan mendapatkan sebuah blog yang punya rincian lumayan lengkap untuk masuk recovery mode. Anda bisa mengeceknya langsung pada link ini
    3. Pilih Wipe Data / Factory Reset (gunakan tombol volume atas dan volume bawah untuk memilih pilihan yang ada keatas atau kebawah dan gunakan tombol home untuk ok).
4. Pilih Reboot system now.
5. Selesai
 
PERINGATAN!: Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP 

Cara mengatasi android yang terblokir karena salah pola dengan menggunakan pilihan “lupa pola” yang sudah diatur sebelumnya pada pengaturan:



 

     1. Pilih "lupa pola"
     2. Jawab pertanyaan
   3. Anda cukup menjawab pertanyaan yang sudah anda atur pada pengaturan dan sudah anda jawab sebelumnya. Anda harus menjawabnya dengan jawaban yang sama dengan jawaban yang anda masukkan sebelumnya. Namun, hanya beberapa ponsel saja yang ada pilihan seperti ini. Jika cara ini tidak tersedia di smartphone android anda, bisa anda gunakan cara pertama atau cara yang ke dua di atas tadi.      
     4. Selesai.

No comments:

Post a Comment

Author Info (Documentation)

Comments System

Disqus Shortname